Aspek Aspek Perilaku konsumen

A.   Pengertian Perilaku Konsumen

Tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk atau jasa mereka. Dengan kata lain suatu tindakan yang di dalamnya terdapat aspek aspek yang berhubungan dengan usaha untuk mendapatkan produk atau jasa guna memenuhi kebutuhannya.

  • Menurut Mowen (2002:6), prilaku konsumen adalah Studi tentang unit pembelian(buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi dan pembuangan,barang, jasa, pengalaman serta ide-ide.
  • Menurut Swastha dan Handoko (2000:10), Perilaku konsumen (consumer behavior)dapat didefinisikan sebagai kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalammendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa-jasa, termasuk didalamnya prosespengambilan keputusan pada persiapan dan menentukan kegiatan-kegiatan tertentu.
  • Menurut James F Engel (1994), prilaku konsumen adalah tindakan yang langsungterlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini.

Menurut Schiffman dan Kanuk (1994), perilaku konsumen adalah proses keputusandan aktivitas fisik individu yang terlibat dalam mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan,atau memberikan barang dan jasa yang diperolehnya.

B.   Definisi Perilaku Konsumen

  • Tindakan tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan atau menggunakan barang atau jasa yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Dengan kata lain bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumberdayanya yang terbatas seperti uang, waktu, tenaga untuk mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan.

C.   Aspek Aspek Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Ada dua aspek yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu aspek kekuatan sosial budaya dan kekuatan psikologis.

Kekuatan Sosial Budaya 

  • Aspek Budaya

Budaya dapat didefinisikan sebagai hasil kreativitas manusia dari satu generasi ke generasi berikutnya yang sangat menentukan bentuk perilaku dalam kehidupan sebagai anggota masyarakat, dimana nilai nilai dan kebiasaan manusia dapat muncul melalui interaksi dan saling mempengaruhi dalam berperilaku.

  • Aspek Kelas Sosial

Kelas sosial didefinisikan sebagai suatu kelompok yang terdiri dari sejumlah orang yang mempunyai kedudukan yang seimbang dalam masyarakat.

  • Aspek Kelompok Anutan

Kelompok anutan didefinisikan sebagai suatu unit masyarakat kecil yang perilakunya dapat mempengaruhi dan menentukan dalam pengambilan keputusan dalam mendapatkan atau menggunakan barang atau jasa.

  • Aspek Keluarga

Keluarga didefinisikan sebagai suatu kelompok yang mempunyai hubungan darah yang tinggal bersama, dimana perilakunya dapat mempengaruhi sikap, pendapat, norma dari anggota keluarga tersebut.

Kekuatan Psikologis

  • Aspek Pengalaman

Pengalaman didefinisikan sebagai proses belajar dalam mengambil keputusan dalam mendapatkan atau menggunakan barang atau jasa yang terdahulu.

  • Aspek Kepribadian.

Kepribadian didefinisikan sebagai factor internal seorang konsumen dalam mengambil keputusan.

  • Aspek Sikap dan Keyakinan.

Sikap dan keyakinan sangat berpengaruh dalam menentukan suatu produk dan jasa. Keyakinan konsumen terhadap suatu barang atau jasa dapat diubah melalaui komunikasi persuasive.

  • Aspek Konsep Diri

Aspek yang menggambarkan suatu harapan konsumen terhadap barang atau jasa yang akan didapatkan atau digunakannya.

D.   Sikap Konsumen

  • Definisi sikap adalah suatu ungkapan perasaan konsumen tentang suatu obyek apakah disukai atau tidak, dan sikap juga bisa mengambarkan kepercayaan konsumen terhadap berbagai atribut and manfaat dari obyek tersebut Sikap konsumen sangat mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan apakah barang atau jasa tersebut sanggup memenuhi kebutuhannya atau tidak.

E.   Klasifikasi Konsumen

Konsumen dapat dibedakan menjadi dua;

  • Konsumen Individu

Konsumen yang melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan pribadi, baik untuk kebutuhan individual maupun kebutuhan keluarga.

  • Konsumen Industri

Konsumen yang melakukan pembelian atas nama dan untuk digunakan suatu lembaga atau organisasi yang mempunyai tujuan untuk keperluan bisnis atau peningkatan kesejahteraan anggota atau karyawan.

Kesimpulan

  • Perilaku konsumen adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan suatu produk atau jasa mereka, proses hubungan sosial yang dilakukan oleh individu, kelompok dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau jasa sebagai suatu akibat dari suatu pengalaman. .Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu kekuatan sosial budaya dan kekuatan pisikologis. Teori tingkah laku konsumen menerangkan tentang perilaku konsumen di pasaran, yaitu menerangakan sikap konsumen dalam membeli dan memilih barang atau jasa yang akan digunakannya.

~ by Hafez on 30/09/2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: