Tips Lolos Penerimaan BUMN – Part 2

Pada pembahasan berikut saya akan menyampaikan beberapa contoh soal psikotes. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya pada posting Tips Lolos Penerimaan BUMN – Part 1 bahwa psikotes bertujuan untuk menilai kepribadian dan kecocokan posisi pekerjaan yang dilamar.

Contoh soal test berikut semoga membantu pembaca dalam menghadapi test psikologi pekerjaan. 

Tes Wartegg/Wartegg test

  • Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentuk bentuk tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. para peserta test akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah dibuat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut peserta test. Yang dinilai dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek bukan mahirnya Anda dalam menggambar.

Contoh soal wartegg test :

Tips mengerjakan soal wartegg test adalah urutan menggambar sebaiknya peserta test buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila peserta test menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 maka akan dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘. Kalau peserta test bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda.

Draw A Man Test (DAM)

  • Tes ini mengharuskan peserta test untuk menggambar sesorang, mendeskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Test ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

Comboh gambar orang dengan profesinya :

Tips dalam mengerjakan soal draw a man test adalah menggambar orang secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut dan telinga dengan keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif muda sedang menenteng koper, seorang dokter lengkap dengan atributnya, tentara dengan peralatan lengkap dll. Gambarlah serapi mungkin walau ini bukan dari penilaian utama, dan jika Anda diminta untuk menyebutkan nama orang yang sedang Anda gambar tersebut, buatlah dengan nama anda atau jika diminta untuk memberikan nama dengan seseorang yang dekat dengan anda. Apabila anda telah selesai dengan gambar anda dan masih ada waktu yang tesisa saya anjurkan anda memberikan sedikit gambar tambahan di sekitar gambar orang tersebut untuk menambahkan beberapa penilain.

Menggambar Pohon

  • Test ini adalah tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria : berkambium (dicotyl), bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda menggambar pohon jenis tanaman monocotyl lainnya. Pada umumnya yang dinilai dari tes ini adalah seberapa jauh tingkat imajinasi Anda, kreatifitas mengenai detil-detil serta ketelitian Anda dalam bekerja nanti serta kedisiplinan dan ketanggapan Anda dalam memahami perintah yang disampaikan atasan kepada anda.

Contoh gambar pohon :

Tips dalam menggambar pohon adalah salah satunya dengan menggambar pohon nangka. Karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl/berkambium. Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detil dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon. Untuk daun usahakan jangan terlalu rimbun atau sedikit, itu menunjukkan cara berpikir anda dalam menghadapi pekerjaan. Apabila daun terlalu sedikit menunjukkan anda tidak bersemangat dalam menghadapi suatu pekerjaan dan apabila terlalu rimbun, maka anda adalah seorang pemikir dan terlalu memikirkan resiko yang nanti dihadapi ketika menjalankan suatu pekerjaan.

Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

  • Test ini tidak ada jawaban benar atau salah hanya terdiri atas pilihan-pilhan jawaban yang paling mencerminkan diri anda yang dipergunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang.

Tips dalam mengerjakan EPPS adalah menjawab setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar. Secara keseluruhan, tes EPPS ini memang paling sulit untuk di-adjustment (diakali), namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa di-adjustment untuk disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang anda pilihan. Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai Bank, pilihlah jawaban-jawaban yang mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teamwork. Karena sulitnya proses adjusment tehadap tes ini, jalan paling praktis yang dapat ditempuh adalah memperbaiki diri (self improvement) anda dalam segala hal, setup diri anda menjadi seakan-akan seseorang profesional dalam setiap tingkah laku keseharian anda seperti: jujur, tepat janji, tanggung jawab dan disiplin. Karena cerminan pola pikir dan tingkah laku positif diri anda, akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes.

Contoh soal Edwards Personal Preference Schedule:

– A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
– B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki

– A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
– B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban

Inilah beberapa contoh soal psikotes yang sering dikeluarkan oleh perusahaan dalam melakukan proses seleksi karyawan baru. Semoga apa yang diposting dapat berguna bagi para pembaca dalam menghadapi test psikologi.

sumber :

Link1     Link2

~ by Hafez on 30/09/2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: