Perbankan Negara Swiss

Sistem Pemerintahan Swiss

Swiss adalah sebuah negara yang berbentuk Republik Federal dan menganut sistem pemerintahan parlementer. Hingga saat ini negara Swiss terkenal memiliki sistem pemerintahan yang sangat bagus karena dengan sistem pemerintahan yang berjalan sekarang dianggap mampu menyerap serta mencerminkan keanekaragaman masyarakatnya. Wilayah Swiss yang terdiri dari 26 kanton, seperti halnya negara bagian di Amerika Serikat. Walaupun selama ini terkenal sebagai negara yang netral, tidak membela blok barat maupun blok timur, Swiss tetap menjalankan fungsinya sebagai negara yang memiliki hubungan bilateral serta hubungan multilateral dengan negara – negara tetangganya, termasuk Indonesia.

Karena berbentuk Republik Federal, sistem pemilihan umum yang berlaku di Swiss adalah sistem pemilihan umum yang bersifat langsung. Dimana penduduk memilih anggota parlemen secara langsung dengan diwakili majelis federal yang dianggap telah menyerap semua aspirasi penduduk. Ini berlainan dengan konsep dasar sebuah sistem pemerintahan yang berbentuk parlemen dimana dalam pemerintahan parlemen tidak dikenal hubungan langsung antara rakyat dan pemerintah. Di negara Swiss, parlemen memegang kekuasaan tertinggi dimana sebagai pusat kekuasaan pemerintahan, parlemen selalu mengusahakan agar tercapai dinamika hubungan politik yang seimbang antara badan legislatif dan badan eksekutif. Hubungan yang baik antara badan legislatif dan badan eksekutif bisa emnciptakan sebuah supremasi parlementer.

Dalam sistem pemerintahan Swiss, kabinet dibentuk sebagai suatu kesatuan dengan tanggung jawab kolektif di bawah perdana menteri. Kabinet juga memiliki hak konstitusional untuk membubarkan parlemen sebelum masa kerjanya selesai. Selain itu, setiap anggota kabinet merupakan anggota parlemen yang terpilih.  Di Swiss juga terdapat pemisahan yang tegas antara batas kepala negara dan kepala pemerintahan. Disini, badan eksekutif dan badan legislatif saling bergantung. Kabinet yang merupakan bagian dari badan eksekutif diharapkan mampu mencerminkan kekuatan -kekuatan politik dalam badan legislatif yang emndukungnya. Keberlangsungan kabinet juga bergantung pada dukungan badan legislatif sebagai asas tanggung jawab menteri kabinet.

Sebagai negara yang menganut sistem pemerintahan berbentuk parlementer, di negara Swiss terdapat sekelompok eksekutif yang berperan menjalankan pemerintahan dan bertanggung jawab baik secara perseorangan maupun bersama-sama. kelompok eksekutif ini dipimpin oleh perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Di negara Swiss, kepala negara hanya lah sebagai simbol pemersatu bangsa karena sebenarnya yang menjalankan pemerintahan adalah perdana menteri bersama kabinetnya.

Sistem Perbankan Swiss

Salah satu yang paling makmur dan ekonomi negara maju, Swiss memiliki produk domestik terbesar di dunia bruto (PDB). Ada hampir 400 bank di Swiss, yang berkisar dari “Dua Besar Bank ‘, untuk bank kecil, yang melayani masyarakat tunggal atau klien selektif. Dianggap sebagai pusat keuangan terbesar di dunia lepas pantai, sektor perbankan Swiss dikenal untuk privasi, stabilitas dan perlindungan informasi pelanggan dan aset. Federal Banking Commission (FBC) mengatur bank-bank tersebut.

  • Membuka Rekening Swiss

Sering kali tersedia secara bebas, rekening bank Swiss menyediakan total kerahasiaan, privasi yang ketat, dan bebas pajak. Namun, dokumen-dokumen tertentu yang diperlukan sebagai bukti untuk membuka rekening Swiss. Misalnya, orang yang bukan penduduk Swiss perlu memberikan paspor mereka, bersama dengan foto ukuran paspor. Tergantung pada profesi, pernyataan bank saat ini akan diperlukan untuk menentukan kondisi keuangan klien. Seiring dengan ini, informasi pribadi tertentu, seperti tanggal lahir, negara asal, dll, juga diperlukan.

Sebuah fitur yang berguna dari perbankan Swiss adalah bahwa hal itu juga dapat dilakukan melalui korespondensi selama nasabah bank mengikuti aturan dan peraturan. Bank dan pelanggan dapat berinteraksi melalui Internet, telepon atau siput mail.

Namun, kelemahan perbankan Swiss adalah bahwa non-penduduk diharapkan untuk membayar jumlah yang besar dan kuat sebagai deposit, dan, laporan keuangan yang lebih kecil lebih mahal. Ada klausa terutama untuk warga negara US dimana mereka diharapkan untuk menahan diri dari membuat transaksi bisnis melalui rekening Swiss mereka, untuk menjaga privasi account mereka utuh.

  • Deposito

Sebuah uang jaminan yang diperlukan dalam kasus nasabah ingin mendapatkan kartu kredit. Sekitar 1,5-2 kali batas kredit bulanan dituntut, tergantung pada nasabah bank memilih. Deposito ini dikembalikan ketika pelanggan memutuskan untuk menghentikan kartu kredit, dan telah membayar semua tagihan yang beredar.

  • Kerahasiaan 

Ada legenda tentang nomor rekening misterius di bank Swiss. Beberapa rekening bank keamanan yang tinggi diberikan nama samaran atau nama khusus, bukan mengeluarkan mereka dalam nama pelanggan, untuk menjaga anonimitas dari para pelanggan. Nomor atau nama ini digunakan dimanapun pelanggan dimaksud. Selain itu, bahkan karyawan bank diharapkan untuk menghormati privasi pelanggan, kegagalan yang bisa tanah mereka di penjara selama beberapa bulan.

Namun, bank Swiss, yang sangat khusus tentang pencegahan pencucian uang, crosscheck keaslian informasi yang diberikan oleh pelanggan. Jika selama pemeriksaan itu, bank menemukan informasi dari pelanggan potensial atau yang ada terhubung ke beberapa aktivitas kriminal, seorang hakim Swiss atau isu-isu jaksa perintah angkat. Investigasi tersebut dapat mencakup investigasi kriminal internasional untuk penggelapan pajak, insider trading, atau pendanaan teroris terkenal akhir-akhir ini.

  • Penutupan Rekening.

Meskipun beberapa gagasan negatif tentang perbankan Swiss, menutup account dikatakan lebih mudah dari yang diharapkan. Tidak ada sanksi keuangan dituntut, dan tidak adalah uang yang disandera, seperti dilakukan di pantai lainnya dari perbankan. Untuk menyimpulkan, kerahasiaan dan sifat bijaksana perbankan Swiss membuat mereka nyaman dan bisa diandalkan. Hal ini tidak hanya membantu pelanggan untuk menghemat uang, tetapi juga merupakan sarana yang layak untuk mencapai keunggulan ekonomi di dunia usaha dan masyarakat secara keseluruhan.

Swiss National Bank (SNB)

The Swiss National Bank (SNB) adalah bank sentral independen dalam Swiss. Bank ini didirikan pada tahun 1907, dan sepanjang 1900-an adalah sebuah kelompok besar dalam mengatur kebijakan moneter dan ekonomi di Swiss. Pada tahun 2003 status hukum bank berubah, membuat bank lebih penting dalam sistem ekonomi negara. Pada tanggal 3 Oktober 2003, National Bank Act memberi Swiss National Bank status independen yang unik, salah satu yang terikat oleh konstitusi Swiss dan hukum Swiss.

Dokumen – dokumen hukum memungkinkan bank untuk mandiri, namun memerlukan untuk melapor ke Dewan Federal, Parlemen dan masyarakat. Mereka juga mengharuskan bank untuk bertindak dengan cara yang akan paling menguntungkan negara secara keseluruhan, berusaha untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi melalui pemeliharaan stabilitas mata uang dan mempertimbangkan lingkungan ekonomi saat ini. The Swiss National Bank (SNB) bertanggung jawab untuk Swiss dalam kebijakan moneter dan untuk mengeluarkan franc Swiss uang kertas. Nama-nama lembaga dalam empat bahasa resmi negara adalah :

  • Jerman : Schweizerische Nationalbank
  • Perancis : Banque Nationale Suisse
  • Italia : Banca Nazionale Svizzera
  • Romansh : Banca Naziunala Svizra.

The Swiss National Bank adalah Aktiengesellschaft dibawah peraturan khusus. Sekitar 55% sahamnya dimiliki oleh institusi publik seperti kanton dan bank kewilayahan. Sisanya diperdagangkan di pasar saham. Sisa saham tersebut sebagian besar dimiliki oleh individu swasta.

Swiss National Bank resminya berlokasi di kota Berne sementara “Governing Board” berlokasi di kota Zurich Swiss. Swiss National Bank mempunyai dua cabang dengan “cash reserve” dan empat cabang tanpa “cash reserve”.

Tujuan dan tanggung jawab dari The Swiss National Bank

The Swiss National Bank melakukan kebijakan moneter negara sebagai bank sentral yang independen. Hal ini diwajibkan oleh konstitusi dan undang-undang untuk bertindak sesuai dengan kepentingan negara secara keseluruhan. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan stabilitas harga, dengan mempertimbangkan akibat dari perkembangan ekonomi. Dengan demikian, menciptakan lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan ekonomi.

  • Stabilitas Harga

Stabilitas harga adalah kondisi yang penting untuk pertumbuhan dan kemakmuran. Inflasi dan deflasi, sebaliknya, merusak kegiatan ekonomi. Mereka mempersulit pengambilan keputusan oleh konsumen dan produsen, mengakibatkan misalokasi tenaga kerja dan modal, menghasilkan pendapatan dan redistribusi aset, dan menempatkan ekonomi lemah pada posisi yang kurang menguntungkan.

SNB menyamakan stabilitas harga dengan kenaikan indeks harga konsumen nasional kurang dari 2% per tahun. Deflasi – yaitu penurunan berkepanjangan di tingkat harga – dianggap sama-sama merugikan stabilitas harga. SNB mengambil keputusan kebijakan moneter berdasarkan perkiraan inflasi.

  • Kebijakan Moneter

The Swiss National Bank melakukan kebijakan moneter negara sebagai bank sentral yang independen. It is obliged by Constitution and statute to act in accordance with the interests of the country as a whole. Hal ini diwajibkan oleh konstitusi dan undang-undang untuk bertindak sesuai dengan kepentingan negara secara keseluruhan. Its primary goal is to ensure price stability, while taking due account of economic developments. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan stabilitas harga, dengan mempertimbangkan akibat dari perkembangan ekonomi. In so doing, it creates an appropriate environment for economic growth. Dengan demikian, menciptakan lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan ekonomi.

  • Kas pasokan dan distribusi

The National Bank is entrusted with the note-issuing privilege. Bank Nasional dipercayakan dengan hak istimewa catatan-penerbitan. It supplies the economy with banknotes that meet high standards with respect to quality and security. Ini memasok perekonomian dengan uang kertas yang memenuhi standar tinggi yang berkaitan dengan kualitas dan keamanan. It is also charged by the Confederation with the task of coin distribution. Hal ini juga diisi oleh Konfederasi dengan tugas distribusi koin.

  • Transaksi Pembayaran Cashless

Dalam bidang transaksi pembayaran cashless, Bank Nasional menyediakan layanan untuk pembayaran antar bank. These are settled in the Swiss Interbank Clearing (SIC) system via sight deposit accounts held with the National Bank. Ini diselesaikan dalam sistem Kliring Swiss (SIC) melalui rekening deposito pandangan diselenggarakan dengan Bank Nasional.

  • Investasi Cadangan Mata Uang

Bank Nasional mengelola cadangan mata uang. These engender confidence in the Swiss franc, help to prevent and overcome crises and may be utilized for interventions in the foreign exchange market. Ini menimbulkan rasa percaya diri dalam franc Swiss, membantu mencegah dan mengatasi krisis dan dapat dimanfaatkan untuk intervensi di pasar valuta asing.

  • Stabilitas Sistem Keuangan

Bank Nasional memberikan kontribusi bagi stabilitas sistem keuangan. Within the context of this task, it analyses sources of risk to the financial system, oversees systemically important payment and securities settlement systems and helps to promote an operational environment for the financial sector. Dalam konteks tugas ini, menganalisis sumber risiko terhadap sistem keuangan, mengawasi pembayaran secara sistemik penting dan sistem setelmen surat berharga dan membantu untuk mempromosikan lingkungan operasional untuk sektor keuangan.

  • Internasional Moneter Kerjasama

Bersama dengan pemerintah federal, Bank Nasional berpartisipasi dalam kerjasama moneter internasional dan menyediakan bantuan teknis.

  • Banker ke Konfederasi

Bank Nasional bertindak sebagai bankir untuk Konfederasi Swiss. It processes payments on behalf of the Confederation, issues money market debt register claims and bonds, handles the safekeeping of securities and carries out money market and foreign exchange transactions. Ini proses pembayaran atas nama Konfederasi, masalah uang utang pasar mendaftar klaim dan obligasi, menangani penyimpanan surat berharga dan melakukan pasar uang dan transaksi valuta asing.

  • Statistik

Bank Nasional mengkompilasi data statistik pada bank dan pasar keuangan, neraca pembayaran, posisi investasi internasional dan rekening keuangan Swiss.

Fungsi Dasar The Swiss National Bank

Sebagai Bank Nasional, The Swiss National Bank mempunyai fungsi dasar dalam perbankan Negara tersebut, antara lain :

  • Mengatur tujuan stabilitas harga yang wajar.
  • Menyesuaikan jumlah mata uang Swiss yang beredar.
  • Merekam data ekonomi untuk jangka waktu panjang sampai tujuan baru dapat diatur atau disesuaikan.
  • The Swiss National Bank dapat mempengaruhi perekonomian melauli suku bunga dan perubahan mandat cadangan bank.

The Swiss National Bank Struktur Organisasi

 

 

 

~ by Hafez on 09/10/2012.

4 Responses to “Perbankan Negara Swiss”

  1. bisa bantu saya dalam materi banknotes swiss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: